Senin, 26 Januari 2015

Stop Fish Abuse !!!

     Yang suka ikan ayo tunjuk tangan ! Hehehe... Bagi yang suka ikan tapi belom melihara, ataupun yang sudah melihara, boleh dibaca artikel ini ya. Pertama bagi yang akan memelihara ikan, pasti awalnya menentukan ikan apa yang akan dipelihara. Setelah itu menentukan ukuran habitatnya, pastinya akuarium. Untuk menentukan akuarium, yang dijadikan pertimbangan adalah kira-kira ukuran ikan bila sudah besar nanti. Agar ikan dapat secara leluasa berenang agar tidak mengalami stres. Karena bila ikan mengalami stres, biasanya lebih gampang akan terkena penyakit. Tetapi, di luar sana masih banyak yang menjual akuarium dengan ukuran kecil, misalkan akuarium bundar, walau juga ada yang berbentuk kotak tapi ukurannya kecil sekali, bahkan ada juga orang yang menggunakan toples kaca atau toples plastik.
     Yang jadi permasalahannya adalah beberapa orang memelihara banyak ikan, biasanya goldfish dan komet, dalam suatu wadah yang kecil berisi 5 ikan dan 1 pohon plastik. Tepatnya tanpa gelembung udara dan filter. Hal itu sangatlah berbahaya, karena dengan wadah kecil itu, 5 ikan tersebut tidak leluasa berenang. Apalagi tidak disediakan gelembung udara, pastinya oksigen dalam air sedikit sekali dibagi berlima. Kebayang enggak kalau kita jadi ikan dengan keadaan seperti itu? Pastinya bisa buat stres, terus mati. Hadeh.. Kasian kan..
     Aku mikir, melihara ikan itu sama aja dengan memelihara kucing atau anjing. Jadi kalau memelihara ikan ya berikanlah tempat yang layak. Sediakan ukuran akuarium yang lebih besar, gelembung udara, filter, aksesoris yang tidak membuat luka tubuh ikan. Kemaren aku iseng nih liat di instagram dengan akun @stopfishabuse. Disana ditampilkan bagaimana orang-orang memelihara ikan dengan tempat yang tidak layak. Misalkan dengan toples kecil isi ikannya banyak. Ini beberapa foto yang aku screenshoot, jadi bagi yang mau melihara ikan, mohon banget jangan menggunakan toples yang terbuat dari kaca maupun plastik, tapi pilihlah akuarium yang memang sesuai dengan jumlah ikan yang mau dipelihara.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar