Jumat, 28 Juni 2013

Katy, Kucing Dengan Penyakit Katarak

     Ada kucing liar yang setiap harinya datang kerumahku. Dengan suaranya yang agak serak, agak kurus, dan berwarna coklat muda, dia berharap keluargaku akan memberinya makan. Tapi memang aku memberi makan semua kucing liar yang datang ke rumah. Sayangnya kucing ini tidak mau ramah, jadi susah banget buat megang dia. Lama kelamaan aku baru menyadari, sepertinya mata sebelah kanannya ada warna putih. Apakah itu kah yang dinamakan katarak? Apakah katarak bisa diderita oleh kucing? Tapi setelah itu aku berpikir, aku namakan saja dia Katy. Katy ini diberi makan apa saja mau lho, mau dikasi makanan kucing yang bentuknya kayak biskuit itu, ataupun dikasi tulang ayam. Pokoknya makannya lahap banget. Tapi aku masih ingin membahas, bagaimana kook bisa sih kucing itu kena katarak?
     Katarak adalah penyebab utama kebutaan pada Anjing dan Kucing
Meskipun kebanyakan terjadi pada binatang peliharaan yang sudah tua, tidak menutup kemungkinan bahwa binatang peliharaan yang masih muda dapat terjangkit juga. Katarak adalah munculnya kerabunan (selaput putih) pada lensa mata, lensa mata terletak dibelakang pupil dan normalnya berwarna transparant. Fungsinya untuk membantu memfokuskan benda pada retina dibelakang mata, yang kemudian di teruskan ke otak.    Ketika katarak terjadi, katarak menghalangi atau mengubah masuknya cahaya yang melalui mata, yang akhirnya menyebabkan kerusakan pada penglihatan normal.

     Meskipun penyebab utamanya belum diketahui, katarak terjadi karena adanya  perbedaan reaksi kimia di mata, Biasanya katarak berhubungan dengan penuaan pada binatang peliharaan dan mata. Faktor lainnya mungkin infeksi, cacat keturunan, cacat bawaan pada lahir, atau luka pada mata, juga panas dan radiasi berlebihan pada mata kucing. Penyakit mata lainnya, dan penyakit2 lain seperti diabetes juga dapat mengakibatkan pertumbuhan katarak.
     Periksakan katarak pada kucing dan anjing pada dokter hewan. Katarak berbeda dari Lenticular Sclerosis, yang mana juga menyebabkan selaput putih pada lensa tapi merupakan ciri2 normal penuaan, dimana biasanya tidak mengganggu penglihatan. Cara untuk menyembuhkan katarak membutuhkan operasi pengangkatan katarak. Biasanya di lakukan oleh dokter hewan spesialis mata karena banyaknya saraf-saraf mata yang terlibat pada operasi.
     Hewan peliharaan anda harus di evaluasi sebelum operasi dilaksanakan, untuk memastikan bahwa fungsi retina masih bekerja dengan baik dan hewan peliharaan anda dalam kondisi baik untuk melakukan operasi. Pada kebanyakan kasus, penglihatan menjadi jauh lebih baik setelah operasi. Ada kemungkinan komplikasi termasuk bentuk luka pada mata, glukoma, tidak berfungsinya retina, dan infeksi setelah operasi pada mata. Komplikasi itu sangat jarang terjadi, tapi dapat berakibat pada penglihatan mereka apabila sampai terjadi.
     Sebenarnya pengen banget bawa Katy ke dokter, cuma Katy gak bisa di pegang. :(  Segitu dulu ya yang bisa aku kasi infonya. Semoga bisa bermanfaat ya bagi kita semua. Sekedar mengingatkan, setelah membaca artikel ini, minta tolong ya.. Di share ke FB atau twitter. Terus diisi ya voting yang ada di pojok kanan atas dari halaman ini. Diisi juga kolom reaksi setelah membaca artikel ini, apakah bagus, penting, bermanfaat, atau yang lainnya. Bagi yang mau copy kata-kataku, jangan sampai lupa menyertai link dari halaman ini. Kalau ada yang bingung, silahkan tuliskan pertanyaan di form komentar. Makasi :)

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar