Jumat, 07 Juni 2013

Binatang Liar Butuh Kasih Sayang Juga

   


 Kalau aku secara pribadi melihat binatang liar yang kurus, bulunya rontok, gak terawat, dan kemungkinan satu hari tidak mendapatkan makanan itu rasanya pengen banget nangis dan memberikannya makanan. Masih merasa bersyukur banget, menjadi manusia masih bisa makan, nonton TV, dan lainnya. Tetapi mereka? Dapatkah dalam satu hari mereka makan secukupnya? Aku rasa tidak. Bahkan bisa dipukul oleh orang-orang dengan berbagai alasan, misalnya karena bau, dianggap membawa rabies, atau mengira akan di gigit oleh binatang tersebut. Tapi aku tidak, aku malah kasian banget sama binatang liar, seperti kucing dan anjing yang ada dikampusku. Jadi setiap harinya kalau aku bertemu dengan mereka, aku memberikan makanan yang aku beli dikantin, itupun kalau kantin buka. Kalau kantin gak buka, yah terpaksa aku hanya mengelus mereka dengan tangan kosong dan berharap esok harinya akan bertemu mereka lagi dan aku membawakan makanan kepada mereka.
     Suatu hari, aku waktu itu sedang berjalan berdua akan ke gedung bawah untuk mengikuti kuliah kedua pada hari itu. Tiba-tiba dari sebelah kiri, ada suara "eoonnggg .... eoongg...". Langsung saja aku yakin bahwa kucing itu pasti si Hitam (Sebutan nama untuk kucing tersebut). Lalu dia menyapaku dan berguling-guling dikakiku. Aku yakin si Hitam ini butuh di elus-elus dan memerlukan makanan, karena emang kurus banget. Sampai aku tanya sama pacarku yang memang lagi disebelah, "Kira-kira ini kucing dalam 1 hari udah pasti dapet makan atau belum ya?". Pacarku mengatakan, "Kayaknya engga deh". Waduh langsung aja dah aku lari ke kantin dan menyuruhnya untuk menuntun kucing itu diam bersamanya di depan gedung dan menungguku untuk membawakan makanan.

     Sesampai dikantin, aku melihat cemilan yang ada dikantin hanya roti pia, roti coklat, keripik singkong pedas, dan emping jagung. Waduuuuhhh, kayanya gak ada yang cocok deh buat ni kucing. tapi aku berpikir, yang namanya laper apa aja bisa dimakan. Dengan cepat aku memutuskan untuk memilih emping jagung dan berharap si Hitam dapat memakannya. Bergegas aku ke gedung bawah, dan menemukan si Hitam sedang bermain dengan pacarku di rerumputan. Keliatan banget si Hitam itu "happy" main di rerumputan. Akhirnya aku cepat-cepat menuju kucing itu dan mencoba memberikan sedikit demi sedikit emping jagung yang telah aku beli tadi.
     Syukurnya si Hitam mau memakannya. Tapi sedikit-sedikit ia memakannya sambil bersuara "eong eong". Aku elus dia, eh malah makanannya ditinggal. Akhirnya aku ditinggal sendiri didepan gedung sambil menemani si Hitam. Teman-temanku yang lain datang menghampiri dan bertanya "Ngapain sendiri disini? Kok gak diem di dalam kelas?". Ya aku langsung aja jawab "Iya nih nemenin nih kucing sambil tak kasi makan, kasian kurus banget". Eh si Hitam malah main-main juga sama temen-temenku. Wah bersyukur nih aku, si Hitam bisa seneng juga. Keburu dosen yang ngajar udah dateng, yah aku tinggal masuk ke kelas. Si Hitam bengong gitu ngeliatan aku sama teman-teman pergi meninggalkan dia. 
     Lalu dikelas aku sempat bercerita kepada temanku yang juga menyukai kucing, namanya Elsya. Elysa berkata sama aku, "Oohhh si Hitam sebelum masuk kelas udah aku kasi makanan kucing itu loh. Hehehe...". Waduuuhhh bersyukur lagi aku, untung si Hitam dikasi makanan emang buat kucing sama temenku. Aku dan Elsya berharap agar setelah kuliah selesai, agar bisa bertemu dengan si Hitam. Tapi aku dan Elsya tidak menemukannya, mungkin dia bermain ditempat lain.
     Jadi disitu aku merasakan binatang liar itu patut disayangi dan diberikan makanan. Jangan dijauhi, jika memang sudah terkena penyakit sih ya memang harus dijauhi. Tapi semasih dia tidak berbahaya, gak ada salahnya juga kan kita berbagi kasih sayang dan memberikan makanan untuknya? Prinsipku adalah "Jika kita baik dengan alam secara tulus ikhlas, maka alampun juga membantu kita". Maka dari kesadaranku itulah aku menyayangi binatang liar yang ada dikampusku. Saranku, kalau misalkan ada binatang liar dimanapun, kalau ketemu kasi aja makanan (jika ada). :)
      Segitu dulu ya yang bisa aku kasi infonya. Semoga bisa bermanfaat ya bagi kita semua. Sekedar mengingatkan, setelah membaca artikel ini, minta tolong ya.. Di share ke FB atau twitter. Terus diisi ya voting yang ada di pojok kanan atas dari halaman ini. Diisi juga kolom reaksi setelah membaca artikel ini, apakah bagus, penting, bermanfaat, atau yang lainnya. Bagi yang mau copy kata-kataku, jangan sampai lupa menyertai link dari halaman ini. Kalau ada yang bingung, silahkan tuliskan pertanyaan di form komentar. Makasi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar