Minggu, 26 Mei 2013

Keunikan Landak Dan Jenisnya

   
Sekarang aku membuat artikel tentang Landak. Mengapa Landak? Karena disaat aku pulang kampung, pasti dong lihat kebun yang ada dikampung. Dikebunku, aku mendengar suara diantara rumput. Apakah itu ular? Aku rada mulai takut. Tapi, setelah aku menanyakannya kepada Ibuku, ternyata itu Landak. Loh? Kok dikebunku ada landak? Ibuku bercerita, bahwa disaat masih muda, ibuku sering mencari landak, karena sangat banyak landak ada disana. Karena hal itulah aku tertarik untuk membuat ulasan tentang landak. Lalu apa itu Landak?
     Landak adalah hewan pengerat (Rodentia) yang memiliki rambut yang tebal dan berbentuk duri tajam. Hewan ini ditemukan di Asia, Afrika, maupun Amerika, dan cenderung menyebar di kawasan tropika. Landak merupakan hewan pengerat terbesar ketiga dari segi ukuran tubuh, setelah kapibara dan berang-berang. Hewan ini agak "membulat" serta tidak terlalu lincah apabila dibandingkan dengan tikus. Karena rambut durinya, hewan lain yang mirip namun bukan pengerat, seperti hedgehog dan landak semut (Echidna), juga dikenali sebagai "landak". Landak secara umum adalah herbivora, dan menyukai daun, batang, khususnya bagian kulit kayu. Karena hal inilah banyak landak dianggap sebagai hama tanaman pertanian. Meskipun demikian, orang juga menjadikan landak sebagai salah satu bahan pangan. Sate landak merupakan salah satu menu khas dari Kabupaten Karanganyar.
     Landak biasanya sering ditemukan di daerah hutan. Kebiasaan landak adalah membuat lubang dibagian bawah tanah dan dibawah akar pepohonan sebagai tempat hidupnya. Hewan ini lebih senang hidup di
semak-semak atau padang rumput yang tinggi, dataran rendah maupun pegunungan. Landak merupakan salah satu hewan yang memiliki tingkat reproduksi yang sangat baik. Kematangan seksual dicapai pada waktu 11 bulan untuk betina dan satu tahun untuk jantan.
     Terdapat banyak jenis landak, diantaranya adalah :
1.  Landak Mini Albino
Durinya semua berwarna putih susu, tanpa ada warna lain. Muka dan bulu bagaian bawah tubuhnya berwarna putih. Kulitnya berwarna merah muda & matanya berwarna merah. Hidungnya juga berwarna merah muda.




2. Landak Mini Salt & Pepper
Durinya berwarna putih dibalut hitam. Mukanya putih dengan warna hitam pada hidung & telinga. Bulu pada bagian bawah tubuhnya berwarna putih. Warna kulit pada bagian atas tubuhnya berwarna hitam. Hidungnya hitam.








3. Landak Mini Pinto
Pinto sebenarnya lebih kearah corak warna, bukan warna baru pada Landak Mini. Corak Pinto dapat dilihat dari adanya kekurangan warna pada durinya dan kulit dibalik durinya, sehingga terlihat seperti bercak-bercak putih. Diluar bercak putih, warna durinya sama seperti Salt & Pepper. 


4.  Landak Mini Silver
Durinya putih, dibalut warna hitam, 30-50% durinya putih solid. Bulu perut bawah berwarna putih. Mukanya berwarna putih dengan warna hitam di telinga & hidung. Warna kulit pundaknya hitam sekali. Warna hidung hitam. Matanya berwarna hitam. 







5. Landak Mini Charcoal
Durinya antara 30% - 70% putih solid, sisanya berwarna putih dibalut hitam dengan ujungnya berwarna coklat karat. Mukanya berwarna hitam. Warna kulit pundaknya abu-abu. Warna hidung hitam. Matanya berwarna hitam.





6. Landak Mini Silver Charcoal
Durinya seperti charcoal diatas, hanya saja durinya berwarna putih dibalut dengan warna abu-abu terang. Mukanya berwarna hitam. Warna kulit pundaknya abu-abu gelap, hampir hitam. Warna hidung hitam. Matanya berwarna hitam.






7.  Landak Mini Platinum (Dasar Hitam)
Durinya antara 95% - 97% putih solid, sisanya berwarna putih dibalut warna abu-abu muda. Kupingnya berwarna hitam. Mukanya berwarna hitam. Warna kulit pundaknya berwarna hitam pekat. Warna hidung seperti hitam. Matanya berwarna hitam.




8. Landak Mini Platinum (Dasar Coklat)
Durinya antara 95% - 97% putih solid, sisanya berwarna putih dibalut warna coklat. Kupingnya berwarna hitam. Mukanya berwarna coklat muda. Warna kulit pundaknya berwarna abu-abu muda. Warna hidung warna hati gelap, hampir coklat. Matanya berwarna hitam.




9. Landak Mini Brown Snowflake
Durinya antara 30% - 70% putih solid, sisanya berwarna putih dibalut warna coklat muda. Beberapa duri juga mungkin dibalut coklat. Mukanya berwarna muda. Matanya ada cincin biru muda disekitar sisi luar. Warna kulit pundaknya berwarna merah muda dengan sebagian kecil pigmen abu-abu. Warna hidung seperti hati dengan bercak hitam.







10. Landak Mini Brown
Durinya putih dibalut warna coklat muda kayu. Tidak lebih dari 5% durinya yang solid putih. Muka berwarna muda. Pada matanya terdapat lingkaran biru muda disekitar sisi luar matanya. Kulit pundaknya berwana merah muda dengan sedikit pigmen warna abu-abu. Warna hidung seperti hati dengan bercak-bercak hitam.







11. Landak Mini Chocolate
Durinya putih dibalut warna coklat gelap. 
Mukanya berwarna coklat muda. 
Kulit pundaknya berwarna abu-abu muda. 
Hidungnya berwarna hati gelap, hampir hitam. 








12. Landak Mini Cinnamon
Durinya putih dibalut warna coklat muda "cinnamon". 
Tidak lebih dari 5% durinya yang solid putih. 
Mukanya tdk ada warna dominan. 
Perut bawahnya putih. 
Kulit pundaknya berwana merah muda. Warna hidung seperti hati.







13. Landak Mini Black Eyed Cinnicot
Durinya putih, 50% nya dibalut warna Cinnamon dan sisanya warna orange beige pucat. Kulit pundaknya berwana merah muda. Mukanya tidak ada warna dominan. Pada matanya terdapat lingkaran biru muda disekitar sisi luar matanya. Warna hidung merah muda campur warna hati. Matanya hitam.




14. Landak Mini Dark Gray
Durinya putih dibalut hitam dengan sedikit warna coklat seperti karat dibagian ujung luar durinya. Yang lainnya sama seperti Salt & Pepper kecuali pada kulit pundaknya berwarna abu-abu gelap, hampir hitam. Hidungnya berwarna hitam.









15. Landak Mini Grey
Durinya putih dibalut hitam dengan sedikit warna coklat seperti karat dibagian ujung luar durinya. Wajahnya berwarna hitam. Kulit pundaknya berwarna abu-abu. Hidungnya berwarna hitam.









16. Landak Mini Ruby Eyed Cinnicot
Durinya putih, 50% nya dibalut warna Cinnamon dan sisanya warna orange beige pucat. Kulit pundaknya berwana merah muda. Mukanya tidak ada warna dominan. Warna hidung merah muda campur warna hati. Matanya berwarna merah ruby gelap.








17. Landak Mini Champagne
Durinya putih, 75% nya dibalut warna orange beige pucat dan sisanya warna cinnamon. Kulit pundaknya berwana merah muda. Mukanya tidak ada warna dominan. Warna hidung merah muda campur warna hati. Matanya berwarna merah ruby.





18. Landak Mini Apricot
Durinya putih, dibalut warna orange beige pucat. Bagian perut bawah berwarna putih. Mukanya tidak ada warna dominan. Warna hidung merah muda. Matanya berwarna merah ruby.









19. Landak Mini Pale Apricot
Durinya putih, dibalut warna tegas orange kuning pucat. Bagian perut bawah berwarna putih. Mukanya tidak ada warna dominan. Warna hidung merah muda. Matanya berwarna merah ruby.









20. Landak Mini Chip Chocolate Snowflake
Durinya putih, dibalut warna tegas orange kuning pucat. Bagian perut bawah berwarna putih. Mukanya tidak ada warna dominan. Warna hidung merah muda.








21. Landak Mini Charcoal White
Durinya antara 95% - 97% putih solid, sisanya berwarna putih dibalut hitam dengan ujungnya berwarna coklat karat. Mukanya berwarna hitam. Warna kulit pundaknya abu-abu. Warna hidung hitam. Matanya berwarna hitam.









22. Landak Mini Brown White
Durinya antara 95% - 97% putih solid, sisanya berwarna putih dibalut warna coklat muda. Beberapa duri dapat juga bibalut warna coklat. Mukanya berwarna muda. Matanya ada cincin biru muda disekitar sisi luar. Warna kulit pundaknya berwarna merah muda dengan sebagian kecil berpigmen abu-abu. Warna hidung warna hati dengan bercak hitam.







23. Landak Mini Algerian Grey
Duri adalah krim, banded oleh hitam dengan tepi karat. Kulit ini sangat belang-belang. Penampilan keseluruhan adalah bahwa dari karat dan berwarna krim duri. Hidung berwarna hitam, wajah memiliki topeng gelap dan patch pipi adalah, dalam cokelat keemasan.






24. Landak Mini Algerian Chocolate
Duri adalah krim, terbalut dengan coklat-coklat. Kulit dekat-hitam, topeng adalah media coklat dan patch mata yang cokelat kaya cokelat keemasan. Bintik dari perut yang sangat luas. Hidung gelap, cokelat.








25. Landak Mini Algerian Brown
Duri adalah krim, terbalut oleh cahaya coklat. Kulit abu-abu gelap, topeng adalah cokelat medium dengan cahaya cokelat keemasan patch pipi. Ada bintik cahaya dari perut tersebut. Hidung cokelat.








26. Landak Mini Algerian Cinnamon
Pena Bulu krim, kayu manis terbalut oleh kaya-oranye. Kulit berwarna abu-abu, topeng pucat dengan cahaya patch pipi cokelat dan hidung adalah cokelat dengan highlight hati. Ada bintik cahaya dari perut yang









27. Landak Mini Algerian Dark Cinnicot
Pena Bulu krim, terbalut oleh gelap kayu manis-oranye duri serta sejumlah kecil gelap duri banded aprikot. Kulit berwarna abu-abu, topeng pucat dengan cahaya patch pipi cokelat dan hidung adalah hati, berbintik-bintik dengan cokelat. Tidak ada bintik dari perut tersebut.








28. Landak Mini Algerian Apricot
Pena Bulu krim, terbalut oleh oranye pucat. Kulit merah muda dengan sedikit sangat pucat abu-abu. Tidak ada topeng tetapi ada sangat pucat oranye-coklat patch pipi. Hidung merah muda dengan pinggiran hati pucat. Tidak ada bintik dari perut tersebut.








29. Landak Mini Algerian Chocolate Snowflake
Duri yang diselingi sekitar 50/50 oleh duri krim padat tanpa band dan duri banded dengan cokelat-cokelat. Kulit dekat-hitam, topeng adalah media coklat dan patch pipi yang kaya coklat sampai cokelat keemasan. Bintik dari perut yang sangat luas. Hidung gelap, cokelat. 








30. Landak Mini Algerian Cinnicot Snowflake
Duri yang diselingi sekitar 50/50 oleh duri krim padat tanpa band dan duri banded dengan campuran kayu manis yang sama-oranye dan gelap duri duri banded aprikot. Wajah bertopeng dengan patch pipi oranye. Perut berwarna putih dengan beberapa bintik pucat mungkin. Mata hitam. Kulit pada bahu adalah abu-abu merah muda. Hidung berbintik-bintik dengan coklat dan abu-abu-merah muda.





31. Landak Mini Algerian Apricot Snowflake
Pena Bulu krim, terbalut oleh oranye pucat. Kulit merah muda dengan sedikit sangat pucat abu-abu. Wajah dapat tertutup oleh sangat ringan patch pipi oranye. Perut adalah putih. Kulit pada bahu adalah abu-abu merah muda. Mata hitam. Hidung abu-abu merah muda. 








32. Landak Mini Algerian Chocolate White
Antara 95 dan 97% dari duri yang putih solid. Sisanya berwarna putih, terbalut dengan coklat-coklat gelap. Kulit di atas bahu abu-abu gelap. Wajah bertopeng oleh cahaya cokelat dengan patch pipi cokelat keemasan. Mata hitam. Bintik dari perut bisa dilihat. Hidung adalah cokelat-cokelat.




33. Landak Mini Algerian Cinnicot
Pena Bulu krim, kayu manis terbalut sama oleh duri-oranye dan gelap duri banded aprikot. Kulit berwarna abu-abu, topeng pucat dengan cahaya patch pipi cokelat dan hidung adalah hati, berbintik-bintik cokelat ringan dengan. Tidak ada bintik dari perut tersebut.








     Segitu dulu ya yang bisa aku kasi infonya. Semoga bisa bermanfaat ya bagi kita semua. Sekedar mengingatkan, setelah membaca artikel ini, minta tolong ya.. Di share ke FB atau twitter. Terus diisi ya voting yang ada di pojok kanan atas dari halaman ini. Diisi juga kolom reaksi setelah membaca artikel ini, apakah bagus, penting, bermanfaat, atau yang lainnya. Bagi yang mau copy kata-kataku, jangan sampai lupa menyertai link dari halaman ini. Kalau ada yang bingung, silahkan tuliskan pertanyaan di form komentar. Makasi :)

Sumber :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar