Sabtu, 25 Mei 2013

Jenis-Jenis Kucing

     Pecinta kucing wajib baca nih artikel. Karena banyak banget jenis kucing di dunia yang enggak kalah lucunya. Dan siapa tahu setelah mengetahui banyak jenis kucing, berminat untuk memilikinya. Yuk cek dulu artikelnya :)
1. Kucing Persia
Kucing Persia sudah sudah ada sejak ratusan tahun lamanya. Asal-usul Kucing Persia, seperti namanya, memang berasal dari Persia (dulu kerajaan Persia mencakup daerah Iran dan Afganistan). Pada abad ke 18, banyak pelaut eropa membawa Kucing Persia masuk ke daratan Eropa, seperti ke Perancis, Italia, Inggris dan Lain-lain. Kucing Persia sangat disukai kalangan bangsawan Eropa, diantaranya adalah Vectoria, Ratu Inggris. Di Eropa pernah mengadakan pameran Kucing Persia. Meski saat ini Kucing Persia sudah dibiakkan dengan bermacam warna, tetapi Kucing Persia masih menduduki peringkat tertinggi, dan memiliki banyak penggemar. Jelaslah bahwa Kucing Persia mempunyai daya tarik yang sangat kuat.

2. Kucing Exotic
The Exotic Shorthair mempunyai sifat lembut dan tenang dan Sifat ingin tahu dan juga suka bermain, kucing ini mesra terhadap kucing dan anjing lainnya. Kucing ini jarang mengeluarkan bunyi. Kucing ini tidak suka ditinggalkan sendirian, dan memerlukan kehadiran tuannya. Exotics mempunyai beberapa warisan tenaga dari keturunan kucing berbulu pendek Amerika dan sering mampu memburu tikus.

3. Kucing Anggora
Kucing Anggora (Angora/Angola) merupakan salah satu kucing ras tertua yang berasal dari Angora (sejak 1930 disebut Ankara, di Turki). Secara sekilas, kucing ini terlihat sama dengan Kucing Persia. Namun jika dilihat secara detail, terdapat perbedaan antara Persia dengan Angora. Perbedaannya adalah bentuk hidungnya. Kucing Persia memiliki hidung yang pesek dan terlihat lucu. Kucing Anggora memiliki hidung yang lebih mancung dan terlihat lebih elegan.





4. Kucing Maine Coon
The Maine Coon mempunyai struktur tulang yang besar, dengan bentuk badan persegi, dan bulu panjang menjalar dibadannya. Harganya agak tinggi nih guys. Pembiakkannya dapat dilihat dalam berbagai warna dan dikenali melalui kecerdikannya. Maine Coons adalah salah satu jenis dalam negeri terbesar. Kucing jantan dewasa biasanya mempunyai berat badan 6- 9 Kg dengan panjang badan 1m. Kucing ini kuat, lembut dan penuh kasih dengan bulu panjang tetapi tidak memerlukan banyak berhias seperti Persia. Kucing ini baik akan membuatkan sangat aman dengan anak-anak bang. Malah menjadi tambahan yang sangat setia kepada keluarga. tertarik gk loe bang? hehehehe..... Kucing Maine coon terbesar yang pernah tercatat mempunyai panjang badan (dari kepala sampai ekor) 121 cm.


5. Kucing Himalaya
Penampilan kucing ras ini sangat mirip dengan Kucing Persia karena memang kucing ini merupakan hasil dari persilangan dari Kucing Persia. Kucing Himalaya adalah kucing berbulu panjang dan lebat yang mirip dengan Kucing Persia. Kemiripan kucing ini dengan Persia tidak terelakkan. Mulai dar bulunya yang panjang hingga hidungnya yang pesek. Akan tetapi kucing Himalaya memiliki ciri khas sendiri yaitu warna bulunya yang lebih gelap di area tertentu dan matanya yang berwarna biru.


6. Kucing Bengal
Jenis kucing ini termasuk kucing yang mahal. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Seorang ahli genetik dan pembiak kucing di California mencuba untuk menyilangkan Asian Leopard Cat dengan American Shorthair. Perkawinan silang ini bertujuan mendapatkan pola spotted wild cat pada kucing domestik. Selanjutnya anak betina keturunannya disilangkan kembali dengan bapaknya sehingga dihasilkan anak kucing dengan pola spotted yang kemudian dikenal dengan ras Bengal. Ras ini merupakan keturunan dari wild cat dan masih jarang ditemui. Nama Bengal ini datangnya dari nama Latin bagi Asian Leopard Cat iaitu Feline Bengalensis sering disebut sebagai Bengal Tiger. Domestik Bengal telah mewarisi corak tompok liar yang eksotik dan mengagumkan daripada Asian Leopard Cat, yang banyak dijumpai di Asia tengah. Tahun 1973 Dr. Centerwall dari California University FiFe baru belakangan ini mengakuinya. Bengal baru diperkenalkan di Perancis pada tahun 1991. Karena punya sifat liar, banyak yang menyangka kucing ini susah diatur, tapi sebenarnya tidak. Kucing ini bisa dilatih agar sifatnya tidak terlalu liar. Dikatakan liar mungkin karena kucing ini memang sangat berenergi. Jika kita ingin memelihara kucing jenis ini, pastikan kita juga mau banyak bermain dengannya, dan harap diingat, kucing ini bisa melompat ke area yang tinggi, jadi pindahkan barang pecah belah ke tempat yang tertutup atau tempat yang paling tinggi sehingga kucing itu tidak akan menjatuhkannya.


7. Kucing Kampung
Kucing kampung adalah kucing yang biasa kita lihat dan sering banget dateng ke perumahan. Tapi gak kalah lucunya kok :)








8. Kucing Scottish Fold
Scottish Fold merupakan jenis kucing yang telingganya membungkuk kedepan, sehingga membuat kucing ini mirip dengan burung hantu sobat tigatag. Awalnya kucing ini disebut dengan nama kucing bertelingga terkulai. Kemudian pada tahun 1966, kucing  jenis ini berubah nama menjadi Scottifh Fold. 




9. Kucing Sphynx
Sphynx cat adalah jenis kucing tanpa bulu nih guys. Kucing ini memiliki bentuk yang cenderung aneh karena kucing biasanya berbulu lebat. Namun tubuh sphynx cat tidak ditumbuhi bulu sama sekali, sehingga kulit tubuhnya sangat terlihat dan berkerut. Kucing ini menampilkan tahap tenaga yang tinggi, kecerdasan, rasa ingin tahu, dan kasih sayang untuk tuannya. Kucing ini memiliki mata yang luar biasa besarnya.


10. Kucing Petebald
Jenis kucing terunik selanjutnya adalah kucing Petebald. Peterbald adalah kucing yang berasal dari Rusia. Mereka sebenarnya bukannya tidak berbulu tetapi lebih mirip rambut yang sangat pendek. Seekor Peterbald memiliki cara yang elegan ramping dan kepala yang khas: sempit dan panjang dengan profil lurus, mata berbentuk almond, dan telinga besar. Mereka kehilangan gen rambut dan kulit mereka memiliki warna penampilan abu-abu.




11. Kucing Turki Anggora
Jenis kucing terunik selanjutnya adalah kucing Turkish Anggora. Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari Turki loh sobat. Jenis kucing ini telah berkembang biak dari tahun 1600-an. Uniknya dari kucing ini adalah kucing ini memiliki warna mata yang berbeda. Pada mata kirinya berwarna kuning sedangkan mata kanannya berwarna biru. Namun ada juga jenis kucing tersebut yang memiliki warna mata yang sama.





12. Kucing Oriental Shorthair
Jenis kucing terunik selanjutnya adalah kucing Oriental Shorthair. Jenis kucing Oriental Shorthair merupakan jenis kucing yang mulai berkembang biak pada tahun 1977. Bentuk tubuh dari kucing ini unik, karena bentuk tubuhnya adalah sebagian bentuk tubuh kucing dan sebagin lagi bentuk tubuh anjing.







13. Kucing Munchkin
Kucing jenis ini memiliki ukuran tubuh kecil hingga menidum. Berat badannya sekitar 2.5 kg hingga 4.5kg. Ukurannya yang mungil ditambah dengan ukuran kakinya yang super pendek, membuat penampilannya begitu imut dan menggemaskan. Kucing Munchkin ini adalah nenek moyang dari hampir semua jenis kucing berkaki endek yang ada dunia yang baru-baru ini banyak dikembangkan oleh para breeder.






14. Kucing Kinkalow
Kucing ini merupakan hasil dari persilangan Munchkin dengan American Curl. Ciri khususnya adalah berkaki pendek dan daun telinganya yang berbentuk keriting. Yang lucu adalah anak kucing jenis American Curl terlahir dengan telinga lurus biasa seperti kucing biasanya, namun ketika berusia 10 hari, telinga mereka mulai melingkar ke belakang. Telinga mereka makin melingkar sampai mereka berusia 4 bulan. Ketika berusia 4 bulan, telinga melingkar mereka mulai mengeras dan kaku kalau disentuh. Khusus kucing American Curl yang ikut perlombaan, sejauh berapa derajat telinga mereka melingkar jadi penilaian penting, telinga mereka harus melingkar sejauh 90 sampai dengan 180 derajat. Makin melingkar telinga mereka, akan dapat penilaian lebih bagus, tapi kalau ujung telinga sampai menyentuh kepala, akan terdiskualifikasi.

15. Kucing Napoleon
Kucing ini merupakan hasil persilangan dari Kucing Persia dengan Kucing Munchkin. Dengan penampilannya yang manis, kaki pendek dan bulu yang panjang serta halus, bola mata yang bulat besar sehingga banyak peminatnya untuk memiliki kucing ini.








16. Kucing Lambkin
Kucing ini merupakan hasil persilangan dari Kucing Munchkin dan Kucing Selkirk Rex. Dengan penampilannya yang kerdil dengan bulu keriting yang khas, sehingga terlihat seperti anak biri-birii. Karena itu maka diberi nama Lambkin.







17. Kucing Minskin
Meskipun penampilannya yang terlihat seperti anak tikus, tetapi kucing ini merupakan kucing yang cerdas, playful, dan setia. Kucing ini merupakan hasil persilangan antara Kucing Munchkin dengan Kucing Sphynx.




18. Kucing Skookim
Penampilan kucing ini terlihat seperti kucing yang sembrawutan. Meskipun sama-sama kecil dan berbulu keriting seperti kucing Lambkin, Skookum lebih bervariasi dalam warna bulu. Sementara Kucing Lambkin cenderung berbulu putih. Kucing Skookum merupakan hasil persilangan antara Kucing Munchkin dan Kucing Laperm.







19. Kucing Ganetta
Kucing ini merupakan hasil rekayasa dari Kucing Bengal, Munchkin, Savannah, Oriental Shorthair, dan domestik Shorthair. Dengan tujuan untuk menghasilkan satu ras kucing yang penampilannya menyerupai African Genet.







20. Kucing Miniature
Kucing Miniature bukanlah ama sebuah ras kucing. Melainkan hanya merujuk pada jenis kucing hasil rekayasa genetik yang berukuran setengah lebih kecil dibandingkan dengan ukuran ras kucing tersebut yang berukuran normal. Dengan maksud jika kucing Persia normal beratnya dapat mencapai 6 kg, maka Kucing Miniature Persia beratnya hanya 3 kg.



21. Kucing Teacup
Meski Kucing Teacup terlihat sama dengan Kucing Miniature Persia, tetapi pada kenyataanya kucing ini terdaftar di CFA sebagai satu ras tersendiri.







22. Kucing Singapure
Kucing kecil ini bukanlah kucing hasil rekayasa genetik, melainkan memang tubuhnya kecil mungil secara alami. Konon kucing ini sebenarnya berasal dari Amerika yang dikirim ke Singapura, dan sekarang di ekspor balik ke Amerika.








23. Kucing Manx
Kucing ini sangat unik karena dua alasan. Yang pertama adalah bahwa kucing berbulu ini sama sekali tidak punya ekor. Yang kedua adalah bahwa kucing ini kaki belakang lebih panjang daripada kaki depan yang berarti bahwa mereka berjalan menyerupai kelinci. Anda pernahkan melihat kucing ini?  Banyak orang suka kucing ini karena karakter yang unik dan fakta yang telah berjalan seperti aneh. Manx juga kucing yang relatif kecil dan hampir ada semua kombinasi warna.





24. Kucing Burmese
Lalu ada juga Kucing Burmese berasal dari Burma (Birma, sekarang bernama Myanmar) dan dikenal sebagai kucing keramat Birma karena dulunya tinggal di kuil. Kucing Burmese berbeda dengan kucing Birman, walaupun sama-sama dari Birma. Kucing ini terkenal sangat tampan termasuk jenis yang langka. Kucing ini cerdas, lincah, dan penyayang, mereka memiliki daya tarik kuat dan sangat cocok dengan anak-anak atau hewan lainnya, dan sangat menyukai manusia.



25. Kucing Savannah
Savana dianggap salah satu jenis kucing yang lebih besar dari kucing peliharaan. Kucing Padang rumput tinggi dan ramping memberikan penampilan ukuran lebih besar dari berat kucing biasanya. Kucing ini merupakan persilangan antara kucing serval dan kucing rumah. Savana umumnya dibandingkan dengan anjing dalam kesetiaan, dan kucing ini akan mengikuti tuannya di sekitar rumah seperti juga anjing. Savana juga dapat dilatih untuk berjalan di atas tali, dan malah menyambut para tamu. Savana dilaporkan sebagai kucing yang sangat sosial dan mesra dengan orang-orang baru, dan kucing lain dan anjing, sementara yang lain ada yang bersembunyi atau kembali akan mendesis dan marah ketika melihat orang asing.


26. Kucing Ragdoll
The Ragdoll adalah salah satu jenis kucing peliharaan terbesar dengan bentuk badan tegap, tapak kaki besar dan seimbang. Kucing ini berkembang biak dengan mata biru dan bulucolorpoint yang berbeda. Kucing ini sangat lembut, santai dan penuh kasih sayang. Ragdoll yang sempurna untuk peliharaan di rumah atau di mana-mana. Kucing ini begitu jinak sebaliknya berbahaya untuk ditinggalkan di rumah sendirian karena kucing ini tidak dapat mempertahankan diri jika diserang hewan lain.




27. Kucing Abbyssinian
Abyssinian adalah salah satu ras kucing tertua yang pernah diketahui. Penampilan kucing dari ras ini menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman mesir kuno. Tubuh berotot, lengkungan leher dan bahu yang indah, telinga besar dan mata dengan bentuk menyerupai almond. Banyak orang orang barat memelihara kucing tersebut. Salah satu ciri khas Aby adalah pola warna bulu yang berbintik-bintik. Pola warna ini sering disebut Ticked Agouti.



28. Kucing Siamese
Kucing Siam (Siamese Cat) adalah jenis kucing domestik berbulu pendek yang berasal dari Siam, sekarang Thailand. Kucing Siam dikenal mampu mengeluarkan berbagai suara serta teriakan. Kucing Siam lahir tanpa warna atau pola tertentu. Warna serta pola rambut mereka akan berkembang saat mereka dewasa. Warna gelap muncul di telinga, moncong, kaki, dan ekor mereka. Kucing Siamese berasal dari negara yang bernama Siam. Anda tidak mengenal negara itu? Sekarang negara itu bernama Thailand. Maka dari itu kebanyakan orang indonesia yang saya ketahui menggunakan kucing siam untuk memanggil jenis kucing ini. Jadi kucing Siamese dan siam itu satu jenis kucing. Dan hanya dibedakan oleh sebuah nama saja. Apalah artinya sebuah nama bukan? Seperti kesalahan ucap pada kucing anggora. Memang banyak ya kucing terkenal dari asean contohlah juga kucing birman yang dari birma. Bahkan mungkin juga kucing abyssinian yang ada kemungkinan dari asean. Pertama kali kucing siam ada di eropa adalah saat kucing ini dijadikan hadiah untuk duta besar inggris. Kemudian seperti perkiraan kucing siam ini menjadi popule di inggris kemudian eropa. Ciri-ciri kucing Siamese adalah Bentuk tubuh panjang, langsing dan berotot, Tubuhnya yang langsing dan anggun, Kepala kecil dan berbentuk segitiga, moncongnya mancung, Bermata biru, Telinga yang lebar, bulu pendek dan halus, Ada warna kontras di ujung-ujung tubuh seperti kaki, telinga, mulut, ekor,hidung dan sekitar mata.


29. Kucing Cornish Rex
Jika anda menyukai tampilan Spinx tapi lebih suka punya kucing dengan setidaknya sedikit bulu, maka Cornish Rex mungkin bagi anda. Nama Kucing ini, sangat menarik dan bergaya kan? Kucing ini memiliki bulu keriting pendek yang benar-benar membuatnya unik di antara kucing dan mereka populer di kalangan orang-orang yang menderita alergi karena mereka tidak memiliki rambut yang terdapat pada kebanyakan kucing. Ini adalah jenis relatif baru kucing sebagai mereka diciptakan dari mutasi genetik kucing tandu pada 1950-an.





30. Kucing American Curl
Selanjutnya ada Kucing ini memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu tinggi, dengan bulu yang sedikit panjang. Ciri yang membuat bentuk kucing ini khas dan mudah dikenali adalah dengan melihat bentuk telinganya yang melengkung ke dalam, sehingga kucing ini terlihat unik.








31. Kucing British
Kucing ini memiliki bentuk tubuh yang lucu karena wajahnya berbentuk bulat dan tubuhnya pendek. Selain itu kucing british memiliki bulu yang tidak terlalu panjang tetapi tebal.






32. Kucing Ocicats
Kucing ini merupakan hasil dari upaya untuk berkembang biak Abyssinians, Siam, dan domestik secara bersama-sama dan mempunyai bulu yang pendek.spesies Yang pertama adalah Ocicat putih dengan bintik-bintik banyak, Hal yang hebat tentang Ocicats adalah bahwa pemiliknya sering disamakan mereka-kemampuan anjing untuk melatih mereka dan temperamen.




33. Kucing Toyger
Toyger adalah kucing berukuran sedang dengan bulu menyerupai bengal. Toyger mempunyai temperamin yang baik dengan kesehatan yang baik dan relatof tahan terhadap penyakit. Warna ideal adalah warna oranye tua dengan belang hitam seperti pada harimau. Pola belang harus memanjang tanpa ada spot. Telinga kecil dan bulat. Secara keseluruhan Toyger mempunyai struktur pertulangan yang padat dan seimbang. Ras kucing ini merupakan hasil persilangan kucing domestik dengan bengal. Tujuannya untuk menghasilkan harimau kecil yang bisa diajak main dan dipelihara di dalam rumah. Kata Toyger sendiri merupakan singkatan dari "Toy Tiger" (harimau yang bisa diajak main). Ras Toyger ditemukan dan dikembangkan oleh Judy Sugden, pemilik sebuah Cattery di Amerika yang bernama "EEYAAS Cattery". Toyger dihasilkan dengan cara menyilangkan kucing domestik belang (tabby) yang berbulu pendek, dengan Bengal Tabby Standar. Setelah bertahun-tahun kerja keras, perkawinan kucing-kucing ini menghasilkan kucing-kucing dengan warna belang menyerupai harimau. Ras ini masih dalam pengembangan.Pertama kali diakui untuk registrasi oleh The International Cat Association (TICA) pada awal tahun 1990-an. Beberapa breeder di AS dan Inggris berusaha mengembangkan ras ini. Toyger mendapatkan status Preliminary New Breed pada tahun 2000. Dan pada bulan Mei tahun 2007 ini diharapkan mendapatkan status penuh dalam kontes kucing (Championship Status).


34. Kucing Tiffany
Kucing Tiffany memiliki ciri-ciri yaitu Berukuran medium, Tipe badan semi foreign, berat badan antara 4-5 kg, Bentuk kepala hampir seperti segi tiga, moncong pendek, dagu kecil, Telinga besar, Tulang pipi lebar, Mempunyai ekor dihiasi bulu lembut, Warna mata adalah gold, Tentu saja ciri khas jenis kucing yang berwarna cokelat. Jenis kucing ini sangat menyukai manusia, walaupun juga tidak terlalu pemalas dan rajin.





35. Kucing Selkirk Rex
Kucing Selkirk Rex Longhair (LH) ini awalnya dikembangkan di negara Amerika Serikat, merupakan kucing hasil kawin silang dan akibat mutasi genetik. Ras kucing ini termasuk jenis Rex-Longhair (berbulu panjang), serta warna bulunya berbagai macam.

36. Kucing Laperm
punya karakeristik bulu bergelombang. Kucing ini terlahir dari persilangan kucing berbulu panjang dengan pola warna kucing tabby dengan kucing perternakan biasa di tahun 1982 di Oregon. Kucing ini termasuk peranakan kucing Rex, istilah untuk kucing hasil mutasi genetik alami yang menghasilkan kucing berbulu keriting atau bergelombang. Bulu kucing LaPerm bisa panjang bisa juga pendek, dan penampilan yang diterima untuk kucing jenis ini terbuka untuk variasi warna dan corak apapun.  Kumis kucing ini juga bisa tampak bergelombang. Bulu kucing ini jarang rontok sehingga cocok untuk mereka yang alergi terhadap bulu kucing. Karena terlahir dari persilangan dengan kucing peternakan, kucing LaPerm punya tubuh lebih besar dari kucing rumahan biasa. Kucing jantannya lebih banyak dari kucing betina. Kucing ini bisa beradaptasi dengan kondisi kapan dia harus garang berburu tikus dan lapan dia jadi lemah lembut sebagai kucing rumahan. Kucing ini tidak terlalu vokal, tapi mereka akan “bicara” ketika mereka ingin diperhatikan. Mereka merespon baik belaian kasih sayang dan akan membalasnya dengan penuh antusias. Sebagai kucing yang punya darah kucing yang aktif, kucing LaPerm adalah kucing yang pintar dan punya kemampuan. Dia butuh perhatian khusus terutama dalam bermain untuk membuatnya aktif dan harus ada cukup ruang untuk pergerakan mereka. Tapi bukan berarti kucing ini tidak akan betah tinggal di apartment yang sempit, hanya saja jauhkan benda-benda pecah belah karena kucing ini bisa berlari cepat dan melompat tinggi.

Galeri Selkirk Rex :




      Segitu dulu ya yang bisa aku kasi infonya. Semoga bisa bermanfaat ya bagi kita semua. Sekedar mengingatkan, setelah membaca artikel ini, minta tolong ya.. Di share ke FB atau twitter. Terus diisi ya voting yang ada di pojok kanan atas dari halaman ini. Diisi juga kolom reaksi setelah membaca artikel ini, apakah bagus, penting, bermanfaat, atau yang lainnya. Bagi yang mau copy kata-kataku, jangan sampai lupa menyertai link dari halaman ini. Kalau ada yang bingung, silahkan tuliskan pertanyaan di form komentar. Makasi :)

Sumber :

1 komentar:

  1. Boleh tanya dong, kucing saya hasil kawin silang antara Persia dan kucing kampung, bentuknya mirip kucing kampung, tapi bulu ekornya lebat bgt, dan perutnya buncit mirip perut garfield.
    Itu masuknya jenis golongan kucing apa ya sis?

    Tolong dijawab ya ;)

    BalasHapus